-->

Cara Menulis Artikel Seo Friendly

Cara Menulis Artikel Yang Berkualitas (SEO Friendly) - Sebuah Blog maupun website baik blog pribadi maupun perusahaan memerlukan sebuah artikel yang harus dan perlu di unggah secara teratur, Penulisan sebuah artikelpun tidak harus sembarangan, karena pada dasarnya sebuah artikel yang di tulis harus memiliki manfaat dan berkualitas. Intinya agar dapat memberikan Performa dan kualitas baik pada mesin pencarian di Google. Sehingga sebuah Blog atau para Bloger disarankan harus menguasai cara menulis artikel yang berkualitas (SEO Friendly), Tentu saja hal semacam itu tidaklah mudah, Apalagi untuk para Bloger pemula karena di butuhkan waktu yang lumayan lama untuk menguasai SEO.

cara menulis artikel seo friendly

Anda bisa saja menulis sebuah Artikel tanpa harus repot-repot memperhatikan SEO, Namun tidak ada jaminan bahwa artikel yang anda tulis bisa berada di halaman pertama pencarian mesin Google, Intinya, Cara penulisan artikel berkualitas SEO adalah sebuah panduan atau aturan yang telah di tetapkan oleh Google.

Google memiliki standarnya sendiri untuk dapat mengurutkan sebuah artikal yang dapat di tampilkan di sebuah pencarian, Karena mengingat begitu pentingnya sebuah artikal agar dapat muncul di halaman pencarian Google, kami akan merangkum sedikitnya cara menulis artikel yang berkualitas (SEO Friendly) bukan hanya sebuah artikel berkualitas SEO namun juga sebuah artikel yang memang indah di pandang mata dan juga tentunya memiliki sebuah manfaat sehingga mampu mengoptimalkan atau meningkatkan potensi sebuah artikel sehingga bisa muncul di halaman pertama pencarian Google.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Gunakan Keywoard/Kata Kunci Yang Banyak di Cari

Sebelum menulis sebuah artikel yang akan di posting pada sebuah Blog yang anda miliki, langkah pertama yang patut dan mesti anda lakukan adalah mencari sebuah Keywoard atau sebuah kata kunci yang akan di cari oleh Audiens/pengunjung Blog anda. Oleh karena itu anda harus paham betul siapa pembaca atau pengunjung Blog anda, dan dengan begitu anda dapat mengetahui keywoard atau kata kunci yang mereka cari di mesin pencarian Google.

Contoh kecilnya kita akan ambil dua jenis industrial atau produck yang berbeda yaitu kesehatan dan properti Konsumen industrial kesehatan akan lebih banyak mencari kata kunci misalnya seperti "Tips Menjaga Kesehatan", "Obat Sakit Kepala", atau "Cara Terapi Penyakit Struke". Sedangkan untuk konsumen di bidang properti kemungkinan besarnya banyak mencari kata kunci seperti "Rumah Mewah dan Murah", "Jual Rumah Murah", atau "Jual Beli Rumah Murah".

Dalam penjelasan tentang kata kunci di atas sedikitnya pasti anda mulai paham bagaimana menggunakan sebuah kata kunci yang baik dan benar, Sesuaikan kata kunci yang akan anda gunakan pada artikel Blog yang anda miliki dengan kata kunci yang banyak di cari oleh pengunjung Blog anda.

Gunakan Fokus Keywoard Sewajarnya Saja

Meskipun Anda menggunakan consciousness keyword untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google, bukan berarti Anda dapat menggunakannya berulang-ulang atau bahkan berlebihan. Penggunaan recognition keyword berlebihan akan menurunkan kualitas artikel Anda.

Harus diingat bahwa Anda menulis artikel untuk dibaca oleh manusia sehingga struktur penulisannya juga harus disesuaikan dengan logika manusia. Akan tetapi, Anda juga perlu memerhatikan search engine marketing artikel tersebut agar menduduki peringkat tinggi di hasil pencarian Google.

Jadi apa yang bisa dilakukan agar artikel yang Anda tulis tetap enak dibaca oleh para pencari dan tetap bisa berada di peringkat atas hasil pencarian Google?


   Tulislah sebuah artikel yang bermanfaat bagi pengunjung Blog anda dan tentunya sebuah artikel yang benar-benar di mengerti dan masuk logika, sangat disarankan ketika anda telah selesai membuat sebuah artikel pada Blog alngkah baiknya baca kembali artikel yang telah anda buat,

sampai akhir dengan perspektif mesin pencari. Anda harus mengutamakan perspektif pembaca karena pada akhirnya yang membaca artikel Anda adalah manusia, bukan mesin.  

Manfaatkan Link Internal dan Eksternal

Dalam menulis artikel yang diterbitkan secara on-line terkadang diperlukan untuk menggunakan link, baik itu hyperlink internal ataupun hyperlink eksternal. Fungsi dari link di artikel adalah untuk memberikan penjelasan lebih lanjut kepada pembaca terkait topik utama artikel.

Link internal adalah link yang merujuk pada salah satu artikel di weblog Anda sendiri. Sedangkan link eksternal adalah hyperlink yang merujuk ke situs selain blog Anda. Keduanya memiliki fungsinya masing-masing.

Link internal berfungsi untuk memungkinkan pembaca mengeksplor artikel-artikel lain di weblog Anda. Dengan pembaca tidak hanya membaca artikel utama, tetapi juga membaca artikel lain akan meningkatkan lama waktu yang dihabiskan di blog Anda. Selain itu, penggunaan hyperlink internal ini membantu Google untuk memahami topik fokus weblog yang Anda kelola.  

Artikel Yang Panjang Anda Optimal

Ingat kata kuncinya “Panjang dan Optimal” Ini berarti artikel sederhana yang anda tulis tidak hanya asal panjang tapi juga bermanfaat untuk pembacanya.
kalau anda mampu menulis sebuah artikel yang panjang dan tetap mengutamakan person enjoy maka hasilnya akan lebih bagus. Misalnya pageview meningkat, avg time one website online meningkat, soar rate menurun dan sebagainya.
Namun bagaimana apabila Anda bersikeras menulis artikel yang panjang tapi hanya untuk memenuhi target SEO pleasant? Saya rasa hasilnya tidak akan efektif.
Pembahasan konten yang panjang dan mendalam ini juga dikenal dengan istilah in-depth content.
Berdasarkan analisa Backlinko.Com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
Jumlah kata mempengaruhi search engine marketing Friendly
Jumlah kata mempengaruhi search engine optimization Friendly
NB: Hindari penggunaan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk mengejar jumlah kata yang banyak. Justru sebaiknyagunakan kalimat yang simpel tertarget dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda bahas bisa lebih luas dan padat.


 Persingkat URL (Permalink)

Sedikit berbeda dengan metode penulisan judul yang selain ada keyword tapi juga sebisa mungkin variatif, untuk optimasi URL atau dikenal juga dengan sebutan Permalink gaya yang bagus bukan yang kaya variasi key-word, melainkan yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Ini guidelines yang saya amati dari beberapa blog SEO ternama. kita ambil contoh seperti ini mislkan Anda menulis sebuah artikel yang berjudul Riset Kata Kunci Seo Untuk Pemula.
Contoh premalink https://geliathuss.blogspot.com/2018/10/riset-kata-kunci-pemula.html

Catatan penting yang harus di ingat, untuk merubah premalink usahan tidak mengubagnya setelah rtikel di bublikasikan, jadi usahakanlah sebelum artikel di publikasikan.

Gunakan Alt Pada Sebuah Gambar


Perlu anda ketahui bahwa Google tidak mampu membaca sebuah gambar. Karena Google hanya pembaca teks jadi itulah mengapa sebabnya setiap gambar gambar harus di berikan alt textual content.

Banyak para blogger pemulah melakukan kesalah pada saat meng-upload gambar dengan memberi nama photo.Png.

Menurut saya ini merupakan kesalahn besar ketika memberikan nama pada gambar, seharus harus relevan dengan gambar itu sendiri.

Optimalkan Deskripsi

Penempatan key-word pada deskripsi memang akan memudah mesin perayap untuk mengenali artikel kita.Gunakan meta deskripsi ini sebaik mungkin, jangan memasukan semua kata kunci pada deskripsi tersebut hanya untuk bisa tampil di halaman, jika melakukan hal ini justru akan terlihat lebih kaku jika dibacanya. Gunakanlah variasi sekreatif mungkin dan memasukan kata kunci lebih jelas dan singkat, anda bisa melakukannya sendiri.

Mungki ini saja yang bisa saya jelaskan tentang bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas (SEO Friendly) semoga bisa menarik untuk di baca dan bisa juga menggambarkan untuk mempermudah anda dalam membuat artikel yang SEO Frienly.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menulis Artikel Seo Friendly"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel