-->

Cara Mudah Optimasi Seo On Page Pada Blogspot

Cara Mudah Optimasi SEO On Page Pada Blogspot – Halo sobat Bloger, sebelumnya kita semua pasti sudah mengetahui apa itu search engine optimization? pada umumnya search engine optimization terbagi menjadi dua teknik yaitu On Page SEO dan Off Page search engine optimization. Keduanya sangatlah penting dan perlu kita lakukan dan kita terapkan pada blog kita. On Page SEO adalah optimasi yang dilakukan pada website (di dalam wbsite). Lalu  bagaimana teknik search engine marketing On Page ? Kita akan bahas selengkapnya pada kesempatan kali ini.

Pengertian search engine optimization On Page

search engine optimization Untuk Pemula dan Bagaimana Cara Untuk Pengaplikasianya Pada Sebuah Blog yang kita kelola.
Cara Mudah Optimasi Seo Onpage Pada Blogspot

Baiklah seperti yang telah saya katakan di awal paragraf, kali ini kita akan mencoba untuk membahas cara mudah optimasi seo On Page pada blogspot. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi blog kita dari sisi  On Page nya.

Cara Melakukan Optimasi SEO On Page Pada Blogspot.


Sebelumnya sudah tahu kan apa itu yang dimaksud On Page ?

On Page yaitu segala sesuatu yang terdapat dalam weblog kita. Atau dengan kata lain optimasi dari blog itu sendiri. Mulai dari, nama domain, tema weblog, tampilan gambara, content dan banyak lagi yang lainya.

Untuk mempermudah pembahsan kita kali ini yaitu tentang teknik SEO On Page. Kali ini kita akan fokus membahas mengenai search engine marketing On Page pada postingan atau kontent. Karena dari beberapa alternative yang telah kita sebutkan tadi, optimasi pada postingan adalah yang sangat prioritas dibanding yang lainya.

Dalam hal ini bukan bermaksud untuk mengesampingkan yang lainya, pada dasarnya semuanya sangatlah penting. Tapi untuk memperfokus pembahasan kita agar tidak terlalu panjang.

Baiklah, karena dari awal kita membahas blogspot jadi kali ini kita juga akan memulai optimasi On Page pada blogspot. Bagi anda yang menggunakan wordpress, bisa langsung simak pembahasan lengkapnya di sini :

Langkah-langkah SEO On Page

Banyak sekali sumber-sumber yang telah membahas panjang lebar tentang bagaimana teknik search engine marketing On Page secara element. Namun kali ini saya dapat menyimpulkan ada beberapa teknik yang efektif untuk bisa anda gunakan pada blog anda berikut ini langkah langkah yang bisa anda ikuti untuk SEO On Page :

1.Optimasi SEO On page Pada Judul

Bagaimana cara untuk optimasi seo on page pada judul ? Kalo membicarakan tentang optimasi, sudah pasti berhubungan dengan “Key Word” atau kata kunci yang akan kita bidik. Namun kali ini kita tidak akan membahas bagaimana untuk melakukan studies key word. Saya anggap anda sudah paham caranya. Atau kita akan bahas di lain kesempatan.

Misalhkan anda akan membuat sebuah artikel tentang kesehatan dan anda telah menemukan key word yang tepat yaitu “Cara Mengatasi Sakit Kepala”.

Untuk optimasi seo on page pada judul adalah dengan membuat judul yang mengandung key phrase tersebut. Contoh :

Cara mengatasi sakit kepala sebelah, Inilah Tips Untuk  Mengatasi Sakit Kepala Secara Tradisiona, atau bisa juga Cara Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Pijatan.

Sebagian pakar seo menyarankan optimasi seo on page pada  judul yang maksimal adalah meletakan kata kunci atau key phrase di awal frase atau kalimat pada judul artikel.  

2.Optimasi Pada Isi Artikel

Untuk teknik SEO Onpage berikutnya yaitu optimasi seo on page pada isi artikel atau kontent  yang anda dibuat. Bagaimana caranya ? Sangatlah mudah yaitu dengan memperhatikan “Key Word Density” atau kepadatan kata kunci.

Yang dimaksud di sini adalah meletakan kata kunci di dalam artikel atau postingan yang kita buat. Kita akan membuat kontent berupa artikel dengan kata kunci "Cara Mengatasi Sakit Kepala".

Maka setidaknya, kata kunci tersebut muncul di dalam posingan. Lalu dimana peletakan yang sangat bagus dan recomended untuk sebuah kata kunci di dalam postingan ?

Banyak sumber yang menyebutkan, tapi pada intinya mungkin seperti ini :

    - Di awal paragraf pertama, atau a hundred kata pertama dari artikel
    - Di tengah – tengah artikel
    - Di akhir, atau di paragraf terakhir dari artikel.

3.Optimasi Pada Subjudul/subheading/(H2)


Teknik  search engine marketing On Page yang selanjutnya adalah dengan meletakan kata kunci pada subjudul artikel. Istilah subjudul tidak semua sama di setiap platform masing – masing blog. Kalo di blogspot diistilahkan dengan "subheading"

Mengapa demikian, karena mesin pencari akan mendeteksi pertama pada tittle, dan selanjutnya pada subtitle atau subheading ini. Jadi anda optimasikan keyword anda pada subtutle juga selain pada identify

4. Optimasi Seo On Page Pada Meta Deskripsi

Apa itu yang di maksud meta deskripsi ? Meta deskripsi yaitu susunan kata yang terdiri dari satu atau dua kalimat yang terlihat di bawah identify ketika kita akan melakukan pencarian sebuah kata kunci pada mesin pencari.Lihat gambar cdi bawah ini
 
Cara Optimasi Seo On Page
 Lalu bagaimanakah cara untuk mengatur Optimasi Soe On Page pada meta deskripsi pada blogspot ?

Baiklah untuk mengatur Optimasi Soe On Page pada meta deskripsi pada blogspot sangatlah mudah. Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

a. Masuk ke dasboard
b. Kemudian pilih "setelan"
c. Pilih opsi paling atas "Tag Meta" --> klik edit dan pilih "ya"
d. Kosongkan kotak atau silahkan isi dengan deskripsi blog anda untuk optimasi meta pada  home web page.
e. Setelah itu klik simpan, Lihat gambar di bawah ini.

Cara Mudah Optimasi Seo Onpage Pada Blogspot


Setelah pengaturan ini diaktifkan maka ketika anda membuat postingan , di menu sebelah kanan muncul posi "deskripsi penelusuran" lihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mudah Optimasi Seo Onpage Pada Blogspot


Sekarang, pada kolom deskripsi penelusuran silahkan optimasi dengan kalimat yang mengandung key-word. Buatlah semenarik mungkin yang membuat pengunjung untuk mengklik net anda.

5.Optimasi Seo On Page Pada URL

Teknik SEO On Page selanjutnya ialah dengan mengoptimasi URL, Cara Optimasi SEO On Page pada URL. Lihat contoh gambar di bawah ini.


Cara Mudah Optimasi Seo Onpage Pada Blogspot

Untuk Optimasi Seo On Pge pada URL adalah dengan cara memasukan Kata Kunci yang kita tuju di dalamnya. Untuk blogger biasanya URL akan terbentuk secara otomatis menyesuaikan judul artikel yang telah dibuat.

Namun banyak juga para pakar SEO menyarankah untuk optimasi seo on page pada URL adalah dengan memperpendek dan mempersingkat URL.

Nah, Untuk optimasi seo on page pada URL di blogspot ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pada setelan entri klik di "Link", kemudian pilih opsi "tautan permanen khusus" kemudian silahkan edit hyperlink URL nya dengan keyword yang telah anda tuju. Lihat gambar di bawah ini.


Cara Mudah Optimasi Seo Onpage Pada Blogspot


Selanjutnya setelah di edit kemudian anda klik "selesai"

6.Optimasi Seo On Page Pada Gambar

Sebuah gambar dalam sebuah postingan jangan sampai untuk anda lupakan. Gambar yang menarik terkadang akan membuat pengunjung ingin melihat lebih jauh tentang isi artikel.

Anda bisa memilih beberapa gambar yang menarik, masukan untuk melengkapi postingan anda. Optimasi untuk gambar ada pada "title textual content" dan "alt textual content" yang ada di homes gambar.

Pada blogspot sangatlah mudah sekali, anda cukup klik pada gambar yang telah anda masukan ke postingan, maka akan muncul pengaturan gambar. Klik di "houses", kemudian isikan kolom title text dan alt textual content dengan key word anda. Lihat gambar di bawah.

Cara Optimasi Seo On Page

Inilah singkatnya beberapa cara untuk optimasi SEO On Page pada Blogspot yang bisa saya jelaskan. Hal yang harus di ingat,Untuk jumlah kata pada sebuah artikel disarankan melebihi dari 3000 kata atau bisa juga lebih. Intinya semakin banyak kata dalam artikel yang kita buat sangatlah semakin bagus, Namun tentu saja yang relevan dengan key-word atau kata kunci yang kita tuju.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mudah Optimasi Seo On Page Pada Blogspot"

  1. MAKASIH TIPSNYA SANGAT BERMANFAAT BAGI SAYA YANG MASIH PEMULA, DALAM DUNIA BLOGGIING MEMANG ARTIKEL SEPERTI INI SANGAT PENTING UNTUK DIPELAJARI, AGAR BLOG KITA NANTINYA JUGA TIDAK KALAH MENARIK DENGAN BLOG INI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali mas, semoga bisa bermanfaat

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel