-->

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb - PDF merupakan format dokumen yang paling sering digunakan untuk keperluan pertukuran dokumen lewat internet.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan salah satunya adalah lebih fleksibel dan bisa dibuka di perangkat komputer maupun telephone bahkan Anda juga bisa membukanya melalui browser seperti Mozila Firefox.

Tidak heran jika layout PDF sering digunakan untuk mengirim sebuah dokumen dalam dunia digital karena memang cukup fleksibel.

Misalnya saja ketika kita akan melamar kerja melalui e-mail, tentu saja semua berkas seperti KTP, Ijazah dan yang lainnya dilampirkan ke dalam dokumen dengan layout PDF.

Akan tetapi terkadang si penerima berkas menginginkan dokumen tersebut harus berukuran sesuai dengan yang telah di tentukan biasanya berukuran 300KB atau ada juga yang ingin 200KB dan lain sebagainya.

Tujuannya selain agar lebih cepat dibuka dengan mengirim dokumen PDF dalam ukuran yang kecil ini juga dapat menghemat ruang penyimpanan e-mail si penerima.

Tidak heran jika Anda mengirim dokumen PDF dengan ukuran yang tidak sesuai atau lebih besar dari ukuran yang telah ditentukan biasanya tidak akan diterima atau bahkan tidak dibaca sama sekali oleh si penerima bahkan yang lebih parahnya lagi bisa langsung di hapus.

Tidak bisa dipungkiri sebagian besar record PDF yang telah kita buat biasanya berukuran di atas 200KB apalagi jika di dalamnya berisi banyak gambar hasil experiment aplikasi scanner.

Namun Anda tidak perlu membuatnya lagi dari awal atau membuang sebagian berkas yang telah Anda lampirkan karena sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran report PDF menjadi 200KB.

Entah itu aplikasi berbasis situs yang bisa Anda gunakan secara on-line ataupun aplikasi yang bisa Anda pasang di perangkat komputer yang bisa digunakan secara offline tanpa internet.

Oleh karena itu kali ini saya akan memberikan panduan tentang cara mengecilkan record PDF menjadi 200KB bahkan bisa jadi malah kurang dari itu.
Bagaimana Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB?

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran PDF akan tetapi saya di sini hanya akan memberikan cara yang paling mudah saja.

Supaya Anda tidak kebingungan di sini saya akan membaginya menjadi dua bagian yaitu secara on-line tanpa aplikasi dan offline menggunakan aplikasi.

Manakah yang harus saya gunakan online atau offline?

Jika Anda sering terhubung ke internet dan tidak mau ribet menggunakan aplikasi tambahan, Anda bisa menggunakan cara on line karena Anda hanya membutuhkan browser dan koneksi internet saja untuk membuka aplikasi kompres PDF berbasis situs.

Akan tetapi..

Jika Anda jarang terhubung ke internet lebih baik gunakan cara offline karena kita bisa menggunakan aplikasi kompres PDF yang bisa di pasang di komputer sehingga Anda bisa memperkecil PDF kapan saja tanpa harus terhubung ke internet.

Lalu bagaimana caranya?

Mari kita mulai!

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB secara Online

Ada banyak sekali aplikasi kompres PDF berbasis situs yang bisa Anda gunakan secara online akan tetapi hanya ada dua situs yang paling saya rekomendasikan karena di situs tersebut kita bisa mengatur tingkat kompresi.
Situs pertama adalah PDFaid.Com

Di situs ini kita bisa mengatur kualitas warna, grey, dan monokrom gambar yang ada di dalam berkas document PDF.

Tentunya dengan adanya pengaturan ini kita bisa lebih leluasa menurunkan kualitas gambar yang ada di dokumen PDF sehingga ukurannya juga bisa diperkecil lebih maksimal.

Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Silahkan anda buka situs PDFaid.Com melalui alamat berikut ini http://www.Pdfaid.Com/compress-pdf-file.Aspx.

Setelah itu pilihan tombol SELECT PDF FILE kemudian anda pilih dokumen PDF yang ingin di kompres sebagai contoh di sini saya memilih report PDF bernama “Lamaran Kerja Geliathuss” lalu pilih Open.

Tunggu hingga proses unggah selesai. Lihat gambar di bawah ini:

Cara mengecilkan file pdf

2. Pada bagian Image Options silahkan anda sesuaikan parameter Color Image Quality, Grey Image Quality dan Monochrome Image Quality.

Di sini saya mengaturnya menjadi 15%, Anda juga bisa mengaturnya sesuai keinginan. Semakin kecil nilai yang di berikan maka kualitas gambar juga akan berkurang.

3. Apabila parameter sudah di sesuaikan silahkan anda gulir ke bagian bawah halaman kemudian pilih tombol COMPRESS PDF. lihat gambar di bawah ini :


4. Jika proses kompres sudah selesai maka akan muncul conversation download report seperti gambar di bawah. Untuk mendownload hasilnya silahkan anda klik kanan pada tulisan Download PDF kemudian pilih Simpan tautan dengan nama

Setelah itu silahkan isi nama document sesuai keinginan anda kemudian pilih tombol Save.

Simpan hasil kompres pdfaid, Lihat gambar di bawah


Sampai di sini file PDF hasil kompres akan didownload.

Silahkan anda lihat hasilnnya.

Apabila hasilnya membuat gambar menjadi berantakan atau tidak terlihat jelas sama sekali Anda bisa mengulangi cara di atas dan memperbesar nilai pada bagian Image Option.

Berdasarkan percobaan Sipitek File PDF yang tadinya berukuran 607KB setelah di kompres menggunakan situs PDFaid.Com berubah menjadi 138KB.

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB secara Offline

Untuk Anda yang memang jarang terhubung ke internet saya sarankanAnda untuk menggunakan cara yang berikut ini, karena kita akan menggunakan aplikasi yang dipasang di komputer sehingga Anda bisa memperkecil ukuran PDF kapan saja tanpa harus terhubung ke internet.

Ada banyak sekali aplikasi kompres PDF yang bisa Anda gunakan di perangkat komputer ada yang berbayar ada juga yang gratis.

Akan tetapi di sini saya akan menggunakan aplikasi kompres yang bisa didownload secara free of charge, soal kualitas tentunya bisa bersaing dengan aplikasi kompres berbayar.

Silahkan down load terlebih dahulu aplikasi Free PDF Compressor melalui situs resminya. Kemudian instal aplikasinya seperti biasa.

Jika aplikasi sudah terpasang dengan baik, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Buka aplikasi Free PDF Compressor kemudian pada bagian PDF File anda pilih tombol Browse kemudian anda pilih record PDF yang akan di kompres lalu anda pilih Open.

2. Setelah itu atur bagian Output File untuk menyimpan report hasil kompres atau Anda juga bisa membiarkannya sesuai dengan yang telah ditentukan.

3. Selanjutnya pada bagian Settings anda pilih Screen agar ukuran PDF bisa diperkecil secara maksimal.

4. Jika semuanya sudah diatur sekarang silahkan anda pilih tombol Compress untuk memulai mengkompres.

5. Tunggu hingga prosesnya sampai selesai. Jika berhasil maka akan muncul notifikasi yang berisi informasi kompres telah berhasil.

Silahkan anda cek report PDF yang telah di kompres di lokasi yang sesuai dengan output report pada aplikasi Free PDF Compressor.

Demikianlah cara yang bisa saya shear mengenai Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb,Apabila Anda ingin ukuran record bisa di kompres dengan optimum sebelum melampirkan gambar lebih baik kompres terlebih dahulu gambar yang akan dilampirkan menggunakan aplikasi kompres foto. Semoga bisa bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel