2 Kategori Faktor Seo Paling Penting Tahun 2018
Seperti yang kita ketahui bahwa Google kerap meng-update algoritma pencariannya dan tentu hal ini membuat teknik SEO yang dilakukan pun selalu berubah-ubah. Pembaharuan algoritma tersebut bertujuan untuk meningkatkan relevansi informasi yang dicari pengunjung dengan hasil pencarian yang dihasilkan (SERP), Untuk para blogger yang memnag sangat peduli akan manfaat seo, harus selalu berupaya untuk selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai perkembangan mesin pencari, sehingga dengan mengetahui perkembangan mesin pencari, anda sebagai praktisi seo akan selalu menggunakan teknik seo pada blog anda dengan cara yang tepat dan tidak kadaluarsa sehingga artikel blog yang anda buat tetap populer tidak kekang dimakan zaman.
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar bisa terus mendapatkan informasi terbaru mengenai SEO yaitu dengan sering membaca blog yang memang khusus membahas dunia SEO. Banyak referensi yang bisa kta baca, mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Supaya lebih mudah mendapatkan informasi dari blog tersebut ada baiknya kita menjadi subcriber.
Kabar tentang seo yang disampaikan oleh Andrey Lipattsev (Search Quality Senior Strategist at Google) menyatakan bahwa di tahun 2018 dari 200+ google ranking faktor ada 2 kategori yang paling mendominasi untuk menentukan peringkat blog di SERP Google.
Faktor Pertama
Link dan Konten merupakan faktor ke 1 dan ke 2 yang paling menentukan peringkat situs di hasil pencarian
Ternyata jumlah backlink yang mengarah ke suatu blog adalah faktor yang sangat penting untuk mendapatkan posisi terbaik di SERP Google. Maka dari itu kita harus selalu berusaha membangun backlink secara berkala.
Pengaruh link terhadap posisi konten pada SERP sangat dipengaruhi oleh beberapa berikut ini:
a. Jumlah backlink
Semakin banyak jumlah backlink maka itu akan semakin baik.
b. Anchor text yang digunakan pada backlink tersebut
Gunakan anchor text yang bervariasi namun relevan sehingga terlihat natural. Anchor text yang bervariasi artinya tidak membuat anchor text menggunakan keyword yang di target tapi menggunakan anchor text yang masih memiliki relevansi dengan keyword utama.
c. Otoritas situs dari sumber backlink
Otoritas adalah kepercayaan situs sumber backlink di mata search engine, situs yang mempunyai reputasi baik (bukan situs yang dianggap negatif), maka bisa dipastikan backlink yang didapat merupakan backlink yang berkualitas dan benar-benar memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan posisi konten pada SERP
Faktor Ke Dua
Google sudah resmi memasukan User CTR dan user Experince (UX faktor) pada algoritma terbarunya
Google enginer, Paul Haahr menyatakan bahwa saat ini google telah memasukan google ranking faktor baru menjadi bagian dari 200+ google ranking faktor yang paling mendominasi dan paling berpengaruh untuk menentukan kelayakan suatu konten muncul di posisi terbaik pada SERP teratas, dua faktor tersebut yaitu User CTR dan User Experince (UX).
Apa itu User CTR?
User CTR adalah User (Click Trought Rate) merupakan nilai persentase seberapa banyak visitors melakukan klik pada judul konten blog kita ketika mereka menemukan konten blog kita di hasil pencarian google. Semakin besar persentase nilai ctr judul konten blog, itu artinya judul konten yang disajikan sangat berkualitas.
Untuk melihat nilai CTR konten blog kita, caranya masuk ke google search console atau google webmaster tool blog kita, lalu menuju menu lalulintas penelusuran Telusuri Analitic, terlihat seperti gambar dibawah ini:
Kita bisa melihat data queri penelusuran untuk blog tersebut dan akan terlihat informasi keyword yang digunakan oleh pengguna search engine untuk menemukan konten blog kita. Ada banyak sekali informasi terkait konten blog kita dan juga informasi jumlah klik, jumlah tayang dan persentase RKT artikel blog kita yang ditemukan jika persentase RKT itu nilainya tinggi itu lebih baik.
Ketika blog kita memiliki konten berkualitas dan dianggap pantas untuk muncul di posisi pertama pada hasil pencarian, Google sebenarnya melakukan A/B test pada konten kita yang berhasil muncul pada hasil pencarian search engine, Tentu saja artikel anda di anggap pantas untuk muncul di posisi pertama dilihat juga dari optimasi seo on page yang anda libatkan.
Saat Google menjalankan tes pada konten kita, maka pada satu saat konten kita akan muncul di halaman pertama dan mungkin di posisi pertama atau kedua. Saat konten tersebut muncul di posisi pertama namun tak ada pengguna yang mengklik judul konten blog kita, maka konten kita akan dianggap kurang baik. Pada akhirnya itu bisa memberikan sinyal kepada google bahwa konten yang kita buat kurang berkualitas.
Itu sudah cukup memberitahukan kepada serach engine Google bahwa konten kita kurang berkualitas dan kurang informatif. Efeknya lambat laun konten tersebut akan tenggelam di hasil pencarian dan akan sulit ditemukan di posisi terbaik. Fenomena ini seperti Google Honeymoon Period
Yang harus kita lakukan?
Tentu saja yang harus kita lakukan yaitu membuat judul konten yang unik dan semenarik mungkin supaya bisa mendapatan perhatian pengguna search engine dan membuat mereka penasaran untuk mengunjungi blog kita. Di samping itu kita juga harus mampu membuat konten yang benar-benar relevan dan berkualitas sesuai judul yang dimaksud sehingga para pengunjung blog merasa puas dengan konten yang kita buat.
Apa itu User Experience (UX)?
UX ini jauh-jauh hari sudah diprediksi akan menjadi menjadi salah satu google ranking faktor dan memang terbukti saat ini UX sudah menjadi bagian dari google ranking faktor yang harus kita perhatikan.
Apakah artinya?
Hal ini berarti Google menang berniat memberikan hasil pencarian yang informatif dan relevan kepada pengguna internet.
Beberapa tahun yang lalu kita bisa menemukan banyak sekali blog yang bermunculan di hasil pencarian dengan isi yang tidak relevan sama sekali bahkan blog ilegal AGC (auto generate konten mampu bersaing di posisi terbaik).
Tapi seiring waktu Google terus menyempurnakan algoritmanya agar mampu menampilkan artikel blog yang memang benar-benar sangat relevan dan sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna sebagai pencari informasi.
Google memberlakukan User experince untuk memberikan signal bahwa konten yang dimaksud merupakan konten yang memang memberikan informasi yang sangat berguna dan informatif, sehingga pengunjung merasa puas.
Jika pengunjung betah berlama-lama pada artikel yang mereka kunjungi maka itu cukup memberikan informasi kepada google bahwa artikel tersebut memang benar-benar berkualitas, jika pengunjung melakukan borkmark terhadap artikel yang dimaksud maka cukup untuk google bahwa artikel tersebut berkualitas dan bisa mendapatkan perhatian pengunjung. jika banyak pengguna yang mengunjungi blog anda secara langsung dengan cara mengetikan alamat homepage blog anda di browser yang mereka gunakan maka itu artinya bahwa blog anda didominasi dengan artikel yang memang bermanfaat dan banyak sekali faktor-faktor pengalaman pengguna yang mungkin google gunakan sebagai faktor penentu pantas tidaknya blog anda di prioritaskan di hasil pencarian google (SERP).
Berikut ini adalah 2 Kategori Faktor SEO Paling Penting Tahun 2018
Bagi para blogger yang cukup peduli akan manfaatnya SEO, tentu selalu ingin mendaoatkan informasi terbaru mengenai perkembangan dari search engine sehingga bisa menyesuaikan untuk optimasi SEO pada blog supaya konten blog tidak menurun posisi SERP nya.Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar bisa terus mendapatkan informasi terbaru mengenai SEO yaitu dengan sering membaca blog yang memang khusus membahas dunia SEO. Banyak referensi yang bisa kta baca, mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Supaya lebih mudah mendapatkan informasi dari blog tersebut ada baiknya kita menjadi subcriber.
Kabar terbaru dari google tentang Faktor seo yang paling penting 2018
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada dikenal istilah 200+ google ranking faktor, itu merupakan faktor-faktor apa saja untuk menentukan pantas tidaknya konten blog kita untuk mendapatkan posisi terbaik di SERP Google.Kabar tentang seo yang disampaikan oleh Andrey Lipattsev (Search Quality Senior Strategist at Google) menyatakan bahwa di tahun 2018 dari 200+ google ranking faktor ada 2 kategori yang paling mendominasi untuk menentukan peringkat blog di SERP Google.
Faktor Pertama
Link dan Konten merupakan faktor ke 1 dan ke 2 yang paling menentukan peringkat situs di hasil pencarian
Ternyata jumlah backlink yang mengarah ke suatu blog adalah faktor yang sangat penting untuk mendapatkan posisi terbaik di SERP Google. Maka dari itu kita harus selalu berusaha membangun backlink secara berkala.
Pengaruh link terhadap posisi konten pada SERP sangat dipengaruhi oleh beberapa berikut ini:
a. Jumlah backlink
Semakin banyak jumlah backlink maka itu akan semakin baik.
b. Anchor text yang digunakan pada backlink tersebut
Gunakan anchor text yang bervariasi namun relevan sehingga terlihat natural. Anchor text yang bervariasi artinya tidak membuat anchor text menggunakan keyword yang di target tapi menggunakan anchor text yang masih memiliki relevansi dengan keyword utama.
c. Otoritas situs dari sumber backlink
Otoritas adalah kepercayaan situs sumber backlink di mata search engine, situs yang mempunyai reputasi baik (bukan situs yang dianggap negatif), maka bisa dipastikan backlink yang didapat merupakan backlink yang berkualitas dan benar-benar memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan posisi konten pada SERP
Faktor Ke Dua
Google sudah resmi memasukan User CTR dan user Experince (UX faktor) pada algoritma terbarunya
Google enginer, Paul Haahr menyatakan bahwa saat ini google telah memasukan google ranking faktor baru menjadi bagian dari 200+ google ranking faktor yang paling mendominasi dan paling berpengaruh untuk menentukan kelayakan suatu konten muncul di posisi terbaik pada SERP teratas, dua faktor tersebut yaitu User CTR dan User Experince (UX).
Apa itu User CTR?
User CTR adalah User (Click Trought Rate) merupakan nilai persentase seberapa banyak visitors melakukan klik pada judul konten blog kita ketika mereka menemukan konten blog kita di hasil pencarian google. Semakin besar persentase nilai ctr judul konten blog, itu artinya judul konten yang disajikan sangat berkualitas.
Untuk melihat nilai CTR konten blog kita, caranya masuk ke google search console atau google webmaster tool blog kita, lalu menuju menu lalulintas penelusuran Telusuri Analitic, terlihat seperti gambar dibawah ini:
Kita bisa melihat data queri penelusuran untuk blog tersebut dan akan terlihat informasi keyword yang digunakan oleh pengguna search engine untuk menemukan konten blog kita. Ada banyak sekali informasi terkait konten blog kita dan juga informasi jumlah klik, jumlah tayang dan persentase RKT artikel blog kita yang ditemukan jika persentase RKT itu nilainya tinggi itu lebih baik.
Ketika blog kita memiliki konten berkualitas dan dianggap pantas untuk muncul di posisi pertama pada hasil pencarian, Google sebenarnya melakukan A/B test pada konten kita yang berhasil muncul pada hasil pencarian search engine, Tentu saja artikel anda di anggap pantas untuk muncul di posisi pertama dilihat juga dari optimasi seo on page yang anda libatkan.
Saat Google menjalankan tes pada konten kita, maka pada satu saat konten kita akan muncul di halaman pertama dan mungkin di posisi pertama atau kedua. Saat konten tersebut muncul di posisi pertama namun tak ada pengguna yang mengklik judul konten blog kita, maka konten kita akan dianggap kurang baik. Pada akhirnya itu bisa memberikan sinyal kepada google bahwa konten yang kita buat kurang berkualitas.
Itu sudah cukup memberitahukan kepada serach engine Google bahwa konten kita kurang berkualitas dan kurang informatif. Efeknya lambat laun konten tersebut akan tenggelam di hasil pencarian dan akan sulit ditemukan di posisi terbaik. Fenomena ini seperti Google Honeymoon Period
Yang harus kita lakukan?
Tentu saja yang harus kita lakukan yaitu membuat judul konten yang unik dan semenarik mungkin supaya bisa mendapatan perhatian pengguna search engine dan membuat mereka penasaran untuk mengunjungi blog kita. Di samping itu kita juga harus mampu membuat konten yang benar-benar relevan dan berkualitas sesuai judul yang dimaksud sehingga para pengunjung blog merasa puas dengan konten yang kita buat.
Apa itu User Experience (UX)?
UX ini jauh-jauh hari sudah diprediksi akan menjadi menjadi salah satu google ranking faktor dan memang terbukti saat ini UX sudah menjadi bagian dari google ranking faktor yang harus kita perhatikan.
Apakah artinya?
Hal ini berarti Google menang berniat memberikan hasil pencarian yang informatif dan relevan kepada pengguna internet.
Beberapa tahun yang lalu kita bisa menemukan banyak sekali blog yang bermunculan di hasil pencarian dengan isi yang tidak relevan sama sekali bahkan blog ilegal AGC (auto generate konten mampu bersaing di posisi terbaik).
Tapi seiring waktu Google terus menyempurnakan algoritmanya agar mampu menampilkan artikel blog yang memang benar-benar sangat relevan dan sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna sebagai pencari informasi.
Google memberlakukan User experince untuk memberikan signal bahwa konten yang dimaksud merupakan konten yang memang memberikan informasi yang sangat berguna dan informatif, sehingga pengunjung merasa puas.
Jika pengunjung betah berlama-lama pada artikel yang mereka kunjungi maka itu cukup memberikan informasi kepada google bahwa artikel tersebut memang benar-benar berkualitas, jika pengunjung melakukan borkmark terhadap artikel yang dimaksud maka cukup untuk google bahwa artikel tersebut berkualitas dan bisa mendapatkan perhatian pengunjung. jika banyak pengguna yang mengunjungi blog anda secara langsung dengan cara mengetikan alamat homepage blog anda di browser yang mereka gunakan maka itu artinya bahwa blog anda didominasi dengan artikel yang memang bermanfaat dan banyak sekali faktor-faktor pengalaman pengguna yang mungkin google gunakan sebagai faktor penentu pantas tidaknya blog anda di prioritaskan di hasil pencarian google (SERP).
0 Response to "2 Kategori Faktor Seo Paling Penting Tahun 2018"
Post a Comment