-->

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Menurut Pandangan Google

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi rangking halaman situs di mata pencarian google adalah peranan backlink, Banyak sekali jenis dan ragam backlink yang bisa kita buat (bisa dilihat dari lokasi penempatan backlink, anchor text yang digunakan, situs tempat meletakan backlink maupun jenis backlink yang digunakan, dofollow dan nofollow dan lain sebagaimanya) Untuk saat ini dikenal 2 cara membangun backlink yaitu teknik blackhat dan whitehat, teknik blackhat yaitu teknik membangun backlink dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan kebijakangoogle webmaster guideline, teknik ini sangat beresiko jika sering dilakukan maka potensinya bukan memberikan keuntungan terhadap blog namun bisa membuat blog mendapatkan penalty bahkan blog bisa dihapus dari peredaran dunia maya atau blog tidak lagi diindex oleh mesin pencari sehingga akan sulit ditemukan oleh mesin pencari google, sedangkan whitehat adalah teknik membangun backlink dengan cara-cara yang diizinkan dan diperbolehkan dan sesuai dengan kebijakan mesin pencari.

cara mendapatkan backlink berkualitas

Lantas seperti apakah backlink berkualitas itu?

Satu-satunya backlink berkualitas adalah backlink natural yang dibuat bukan oleh anda dan diletakan didalam artikel yang benar-benar sangat relevan, backlink tersebut bisa diletakan oleh orang lain di blog mereka atas kesadaran mereka tanpa suruhan, karena mereka menganggap bahwa artikel yang anda buat sangat berkualitas dan pantas untuk dijadikan referensi, sehingga mereka rela membuat rujukan ke artikel anda. Baca artikel selanjuntya " Mengenal Jenis Backlink Berkualitas "

Bagaimanakah cara untuk mendapatkan backlink berkualitas?

Salah satu cara untuk mendapatkan backlink berkualitas adalah dengan membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain, sehingga potensi untuk mendapatkan backlink natural dan berkualitas akan besar, Namun untuk mendapatkan bcklink seperti ini memang sangatlah susah bahkan mungkin perbandingannya bagaikan 1.000.000 view berbanding 1.

Cara mendapatkan backlink berkualitas yang disukai google

 1. Guest Bloging
Salah satu cara yang sering digunakan oleh para pakar seo sejak dulu dan bahkan sampai sekarang adalah dengan cara "Guest Bloging"  teknik guest blogging adalah membuat artikel berkualitas kemudian menerbitkannya di situs relevan atas persetujuan si pemilik situs, ini merupakan kerjasama win to win, si pemilik situs mendapatkan artikel berkualitas gratis dan si pembuat artikel mendapatkan backlink dari situs dimana artikel tersebut di terbitkan, Namun sayangnya ada kelemahan yang sangat  guest blogging memiliki potensi spamy, sehingga untuk saat ini guest blogging sangat beresiko apalagi jika tidak dilakukan secara hati-hati. Lantas masih bisakah kita menerapkan guest bloging? Guest blogging memang salah satu yang memiliki potensi mendapatkan backlink yang bisa dianggap natural dan berualitas karena melalui guest blogging kita memiliki kesempatan meletakan link di dalam artikel, akan tetapi jika memang anda masih mempraktekan strategi mencari backlink melalui guest blogging saya sarankan lakukan dengan sangat hati-hati, Untuk membangun backlink dengan cara guest blogging anda bisa mencari blog yang memang bukan dikhususkan untuk menerima guest blogging namun anda harus mampu dan bisa membujuk si pemilik blog bahwa anda ingin menerbitkan artikel anda di blog mereka, dan anda dapat meletakan link didalam artikel yang anda buat.

Cara Aman link building dengan guest blogging

Setiap Teknik seo memang memiliki resiko namun jika dilakukan secara hati-hati dan tidak berlebihan serta memperhatikan relevansi saya rasa akan aman-aman saja. Lanntas cara yang seperti apa yang aman untuk gues blogging?

  1.  Jangan melakukan Guest blog di blog yang memiliki artikel berkualitas rendah, artikel berkualitas rendah bisa anda tentukan jika artikel tersebut kurang informatif, sedikit dan terkesan asal-asalan, dipenuhi dengan komentar spam.
  2. Jangan melakukan Gust blog dengan menggunakan artikel yang sama untuk diterbitkan di beberapa blog.
  3. Lakukanlah guest blogging sewajarnya saja tidak berlebihan, maksimal 2 saja backlink dari guest blogging pada artikel dan blog berkualitas akan mampu membuat halaman blog anda meroket dihasil pencarian.
2. Melalui Blog Dummy
 Blug dummy adalah salah satu blog yang sengaja anda buat biasanya lebih dari satu bahkan bisa sampai ratusan. yang digunakan untuk tujuan mempromosikan blog utama yang anda miliki, dibuatnya blog dummy agar anda secara leluasa bisa meletakan link yang bisa dianggap natural dan berkualitas di artikel yang di terbitkan pada blog dummy.

Untuk membuat blog dummy anda bisa menggunakan blog gratisan seperti blogspot, wordpress, dan layanan blog gratisan lainnya. yang harus anda perhatikan ketika membuat blog dummya adalah disarankan menggunakan akun email yang berbeda-beda antara blog dummy satu dengan blog dummy lainnya serta ketika didaftarkan di google webmaster tool sebaiknya gunakan akun terpisah dengan blog utama.

Untuk saat ini blog dummy memang sangat beresiko, karena google kabarnya sudah mampu mengendus aktivitas blog dummy,dikarenakan kebanyakan blog dummy diisi dengan konten asal-asalan bahkan tidak sedikit konten dari hasil copy paste, dan hanya memiliki jumlah konten sedikit saja, dan sering digunakan untuk mempraktekan strategi link building seperti link wheel, pyramid, dan tyred yang memang harus dihindari sehingga aktivitas-aktivitas blog dummy seperti itu akan mudah sekali di cium dan dicap sebagai tindakan tidak natural, disengaja dan spam.

3. Bergabung di forum online
Yang berikutnya yang bisa anda gunakan untuk membangun backlink adalah dengan bergabung di forum-forum online, yang memang mengijinkan untuk meletakan backlink didalamnya, ada banyak sekali forum online local yang memang sengaja di sajikan untuk meletakan backlink,

Perlu anda perhatikan, ketika anda membuat thread di forum online, jangan sekali-kali anda membuat thread yang persis sama dengan artikel pada blog anda, saran saya gunakanlah judul yang berbeda tapi upayakan judul yang dibuat tidak menjadi kompetitor artikel blog anda sendiri yang anda promosikan, buat juga isi artikel yang berbeda sehingga akan terhindar dari duplikat konten serta tidak menambah persaingan dengan artikel pada blog anda sendiri.

Untuk membangun sebuah backlink sudah pasti dapat menimbulkan resiko jika kita tidak melakukannya dengan sangat hati-hati, saran saya bangunlah backlink seolah-olah orang lain membangunnya untuk anda dengan natural, semakin kelihatan natural maka akan terhindar dari potensi mendapatkan penalty dari google. Karena backlink yang baik adalah backlink yang seolah-olah dianggap natural, dan tidak berlebihan, menggunakan anchor text yang bermacam-macam dan menggunakan jenis link dofollow maupun nofollow. Semoga dengan menerapkan cara yang saya sajikan diatas bisa anda gunakan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas menurut pandangan google, Sehingga tidak berakibat buruk pada blog anda yang akhirnya membuat blog anda mendapatkan penalty dari google.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Menurut Pandangan Google"

  1. Mantep nih Mas artikrlnya, tapi kayanya bagi saya yang sangat pemula ini untuk mendapatkan backlink alternatif termudah iyalah dengan menggunakan blog dummy, terimakasih mas tambah ilmu lah pokonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas semoga blognya makin ramai dan suksess

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel