-->

Cara Mengirim file XML Peta Situs ke Google Webmaster

Setelah memverifikasi situs/blog Anda di Webmaster Google, sasaran berikutnya adalah mengirimkan file XML peta situs ke akun Search Console agar Google dapat merayapi semua posting blog Anda dengan mudah.

Dengan melakukan hal ini, akan membantu mesin pencari Google untuk mengetahui bahwa Anda adalah blogger baru dan Anda ingin diindeks dan dirayapi agar muncul di hasil pencarian mereka untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik ke posting blog Anda.

Anda juga dapat mencegah Google mengindeks URL spesifik Anda menggunakan file robot.txt.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara menambahkan file sitemap ke Search Console.  sebelum kita memulainya , ada beberapa hal yang harus Anda ketahui!

Apa itu Peta Situs?

Sitemap adalah file ekstensi XML, yang berisi semua URL blog atau situs web (termasuk halaman, posting). Menurut Wikipedia, itu memungkinkan webmaster untuk memasukkan informasi tambahan tentang setiap URL, seperti, ketika terakhir kali diperbarui. seberapa sering hal itu berubah, seberapa signifikan kaitannya dengan URL lain di situs tersebut. Dengan demikian, ini memungkinkan Mesin Telusur untuk merayapi situs Anda lebih tajam.

Mengapa saya membutuhkan Peta Situs?

Sitemap file XML sangat penting untuk SEO karena mereka memudahkan mesin pencari seperti Google untuk menganalisa halaman situs Anda.

Tujuan dari sitemap adalah untuk memastikan bahwa spider search engine (juga dikenal sebagai bot) bisa merangkak semua hal yang mereka butuhkan untuk mengindeks dan merangkak dari situs web Anda. Peta Situs adalah bagian yang langka, dari SEO, memiliki peta situs tidak menimbulkan risiko bagi pemilik situs web dan hanya memberikan manfaat sebagai imbalan.

Menurut CrazyEgg, Google mengklaim bahwa peta situs sangat membantu untuk kriteria di bawah ini.

    Situs Web Besar dan Lebih Besar.
    Baru-baru ini meluncurkan situs web baru.
    Situs dengan konten multimedia.
    Situs web dengan tautan internal yang kacau, yang tidak tertaut dengan baik.
    Tidak berkaitan dengan situs topik.


Jelas dari penjelasan diatas bahwa mayoritas situs atau web harus memiliki peta situs.

Bagaimana Menghasilkan Sitemap untuk Situs Web Anda?

Peta Situs dapat dihasilkan dengan cara yang berbeda tergantung pada platform blog Anda. Sebagai contoh, katakanlah Anda ingin menghasilkan 2 peta situs untuk dua situs web Anda yang berbeda, yang pertama adalah pada platform WordPress dan yang lainnya ada di platform Blogger.

Sekarang, peta situs WordPress dapat dengan mudah dibuat menggunakan plugin SEO populer seperti Yoast SEO, All in One SEO Pack, dan Google Sitemap plugins. Sedangkan blogger sitemaps dibuat dengan cara yang berbeda, bisa online atau offline.

Sitemap blogger offline biasanya terlihat seperti ini: http://www.yourwebsite.com/sitemap.xml atau https://www.yourwebsite.com/sitemap.xml dan blog subdomain Blogspot akan menjadi seperti ini: http: // www.situsanda.blogspot.com/sitemap.xml

Seperti yang Anda lihat di bawah, saya telah menggunakan metode yang sama seperti yang saya jelaskan di atas.

Cara mengirim peta situs ke Google Webmaster

Sekarang jika kita berbicara tentang pembuat peta situs online, saat ini ada banyak situs web yang menawarkan alat pembuat file sitemap gratis, seperti, www.xml-sitemaps.com, xmlsitemapgenerator.org, dan www.screamingfrog.co.uk untuk langsung membuat sitemap File XML dan HTML untuk situs Anda.

Mengirimkan Peta Situs di Google Search Console

1. Masuk ke akun Search Console Anda dan buka dasbor Anda. Jika Anda
2. Di dasbor konsol pencarian Anda, klik 'crawl' dan kemudian 'sitemaps'.

Mengirimkan peta situs di Google Search Console

3. Sekarang klik tombol 'TAMBAH / UJI SITUS'.

Cara Tambah/Uji Sitemap

4. Tambahkan 'sitemap.xml' dan klik tombol 'test' dan periksa hasilnya untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Cara Tambahkan Sitemap.xml

5. Sekarang, tutup hasilnya dan masukkan lagi 'sitemap.xml' dan klik 'submit'.

Selamat! Anda telah berhasil menambahkan file sitemap ke alat webmaster Anda.

Kesimpulan
Setelah mengirimkan sitemap ke akun konsol pencarian, Sampai pada tahapan ini anda masih belum selesai, setiap kali Anda mempublikasikan posting baru di blog Anda, jangan lupa untuk mengirim ulang sitemap agar Google mengindeks dan merayapi pos Anda lebih cepat. Baca Juga artikel lainnya " Cara Menghapus URL yang Yang Terindex Google dan Bing "

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengirim file XML Peta Situs ke Google Webmaster"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel